Tentang Tari / 0 comments (+)
udah lama kau nggak dateng ke ruang tari di gelanggang mahasiswa. karena jadwal males dan tiduran yang padat dan karena masih ada kegiatan kampus yang harus dikejar dan membuat aku tetep sok sibuk.

dulu yang ada dalem pikiran itu aku ikut tari Bali biar nambah skill.biar aku punya bekal budaya juga. nggak nyangka ternyata basicnya susah bangeett!

selain itu waktu kecil aku pernah nari Bali 'Penyembrama', trus pelatih aku nari Cendrawasih. dari situ aku yang masih imut nan polos langsung jatuh cinta sama tari Bali dan bertekad untuk bisa nari Cendrawasih. karena waktu kecil, di kota asalku susah banget cari sanggar jadi aku baru bisa daftar di salah satu unit kegiatan mahasiswa yang mengembangkan bakat di tari Bali pas kuliah. seneng banget bisa ketemu berbagai macem orang. ada yang orang Bali asli yang IWAW!
kalo udah nari tuh, buset dah keren banget, ada juga temen-temen yang ikut sanggar (meskipun bukan orang Bali) dan kemampuannya gak maen-maen men, trus banyak juga yang ikut Tari Bali dengan alasan yang sama kayak aku. belum bisa, tapi pengen kenal karena udah naksir dari jaman jebot.

citra anak UTB (Unit Tari Bali)UGM itu,
"Wah, yang anaknya cantik-cantik itu ya?"
yaa, begitulah. anak Gelanggang banyak yang bilang gitu. bukan! aku nggak mau nyombong kok, emang anaknya cantik-cantik. kayaknya yang bulug cuma aku haha.

wuih, kalo udah perform mantep dah, abis itu pasti dimintain foto dari segala penjuru haha. kadang jadi center of attention itu menyenangkan :P

dan lagi, tari Bali itu jumlahnya banyaaaaakk banget. selain Pendet , masih ada sekar jagat, Cendrawasih, Yudha Pati, Legong (banyak macemnya ternyata, aku baru tahu tadi) dan kayaknya yang paling terkenal Kecak.

Tari itu bikin kecanduan. begitu kamu suka, kamu bisa dan mau belajar pasti jadi semakin rakus. mau belajar tari yang lain lagi. kalo bisa semuanya. kalo semuanya belum puas juga, bikin kreasi baru. tantangannya lebih gede haha.
Nah, aku juga kecanduan sama tari. aku udah lumayan lama gak dateng latian, badan agak gimana gitu pas tadi nari lagi. nggak kuat sih kaki aku, soalnya langsung nari legong condong gak pake pemanasan. jadi badan aku pegel-pegel sekarang.
ketambahan tadi mas dika dateng. mas dika adalah sesepuh di UTB maap ye mas, gak maksud, tapi emang mas kan udah master dan lagi udah jadi alumne kekeke , yang orang-orang tau dari dia itu adalah "Dika itu nggak punya capek," itu dari salah satu temen UKM seni lain yang ngomong. jadi lah, nafsu nari karena kelamaan nari jadi numpuk dan diladeni sama mas dika. jadi deh nari sampe jam 7 malem.
tau tuh tadi nari apa aja haha, soalnya aku juga baru lulus pendet, trus udah nampil sekar jagat dan sekarang baru belajar legong condong. jadi ya maap-maap aja nafsu nari yang menggebu-gebu tadi gak diimbangi dengan postur yang bagus dan gerakan yang memukau. mungkin tadi tanganku terbang kemana-mana gak terkontrol, mungkin juga posisi kakiku jadi kayak penderita ayan ato yang kakinya bentuk X ato O atau mungkin ada yang berpendapat posisi kakiku tadi kayak si topeng monyet yang lagi disuruh kepasar sambil bawa payung sama si empunya.
tapi aku gak peduli, karena aku bener-bener terlanjur cinta sama tari Bali (maap lagi nih ya, bukan menganaktirikan yang lain, tapi bisanya masih tari Bali).

mungkin yang aku lakuin ini gak seberapa kalo dibandingin pasukan Garuda yang dari kemarin menang terus di pertandingannya meskipun akhirnya jadi juara 2 (itu udah pencapaian luar biasa loh menurutku, bisa nyatuin semua orang Indonesia buat dukung satu team yang mengharumkan nama bangsa). seenggaknya dari situ kita sadar, kalo nggak mau direndahin sama bangsa lain ehm tetangga ehm, ya kita harus berjuang. dari berbagai aspek, nggak cuma di olahraga aja. di Budaya juga bisa. kita harus menghargai apa yang kita punya biar nggak ada yang berani ngusik kedaulatan kita kan?
lagian bentuk bela negara itu macem-macem, nggak harus perang buat negara. tapi mempertahankan budaya, mengharumkan nama bangsa juga bisa disebut bela negara loh (kayak mata kuliah kewarganegaraan deh ini)
sebenernya aku ini nulis blog apa essai sih?

aku punya satu mimpi, aku bisa nari di negara lain, didepan orang-orang yang asing dan bikin mereka tepuk tangan karena tarian yang aku bawa emang bener-bener bagus. cuma satu hal kecil itu kok, buat bawa nama negaraku. biar mereka tau, tarian yang indah itu dari Indonesia.

Label: , , , ,



← OLDER POSTS | HOME | NEWER POSTS →

Greeting
Thank you for dropping by.These pictures are not taken by me. If they are, my name will be posted on them. I don't give credits to anyone because nobody knows who the real owner of each picture. If the owner wants credits, they should put their URL on their picture.All Rights Reserved April 2011 © Pipie Ladybug

Instagram

Tagboard