Trip to Beijing (Part 3) / 0 comments (+)
Rencana hari berikutnya adalah, menemukan KBRI untuk laporan datang.

Kami baru keluar sekitar pukul 11an dari hostel, sampai di Dongzhimen station jam 12an. Kita jalan aja karena dialamatnya KBRI itu di outer Dongzhimen.

ini diluar Dongzhimen station

OOT hehe, aku nemu sesuatu yang unik disana. Iklan-iklan ditaruhnya di trotoar pejalan kaki. Karena apa? Karena orang sana banyakan jalan liat kebawah. Dan karena tiap beberapa hari, ada yang ngebersihin tiang dari tempel-tempelan poster. Bersih banget deh Beijing itu. Tiap beberapa jam sekali kita juga nemu kendaraan (semacam truk) dengan sikat besar berputar dibawahnya. Untuk membersihkan jalan. Waow banget haha

Kami terus jalan menyusuri jalan Dongzhimen itu dengan canda tawa. Pake foto-foto juga. Kapan lagi kita nggembel di negeri orang coba? Haha

harepannya sih bentar lagi keluar lagi, another MUN keke

Namun, sampai beberapa waktu kemudian, kita tetep belum nemu itu KBRI. Buset dah.
Akhirnya kita mampir bentar makan di Mc D (because we thought it is the safest food, no pork). Masih becanda-becanda juga, ngatain jaket si pepri yang warnanya serupa dengan jaket mas-mas McD haha

McD disono murah ye? 16,5 yuan (RMB 16,5) udah dapet burger, kentang dan coke dengan porsi besar tanpa ada pajak tambahan. Dewa bener.

Abis itu, kita keluar lagi. Ampun deh, makin lama kabutnya makin tebel. Aku belum pernah berada ditempat yang siang (harusnya panas) malah diselimuti kabut.

Dua jam keliling dan itu tempat laknat KBRI belum ketemu juga. Hampir nyerah yang cewek-cewek. Abisnya kaki kita udah pegel dan sakit. Kalo naik subway ato bus takutnya malah nggak nyampe, kan mereka gak bisa berhenti sembarangan. Mau naik taksi, tapi memikirkan pake bahasa tarzan dan kita belum pasti tempatnya kayaknya bakal bikin ricuh. Jadinya pilihan kita satu-satunya adalah jalan kaki. T.T

Sekitar jam 3an gitu, kita akhirnya nemu salah satu kantor kedutaan. Kalo gak salah sih kedutaan Swiss. Nah, biasanya kan kantor kedutaan itu satu kawasan. Harapan kita udah kembali muncul. Nanya ke polisi China yang pake seragam ijo itu loh.

OOT bentar ya, fyi konsistensi mereka itu mantap banget loh. The green police i mean. Mereka Cuma disediain satu petak blok kayak yg biasanya tempat bendera di Indo. Denger-denger shift mereka 12jam dan aku liat dipinggir petak balok dari semen itu Cuma ada 1 gelas air minum. Dan selama 12 jam shift mereka itu, mereka Cuma berdiri ngawasin tiap rumah Kedutaan-kedutaan itu. Satu kedutaan, satu penjaga. Ya Tuhan, merinding deh waktu itu liat pengabdian mereka. Emang kerjanya remeh, tapi hal kayak gitu jarang ditemuin disini. Tapi gak tau juga sih mereka ngelakuin tugasnya karena bener-bener mengabdi ato karena takut peraturan negara mereka yang otoriter. Centralism is not that bad if we look with a different perspective. Dan tentu kalo pemerintahnya punya komitmen dan konsistensi seperti negara yang sudah kukunjungi itu.

Ternyata, KBRI masih jauh dari tempat itu T.T

Kita sempet ketemu orang Kanada. Dan mereka bantuin nyari lewat gps berhubung pak polisi-polisi tadi nggak ngeh bahasa inggris. Dengan bantuan gps pasutri Kanada itu kami lebih mendekat pada KBRI. Tapi ternyata nggak secepet itu. Kami masih nyasar, masuk ke blok kedutaan yang lain. Takjub ngeliatin itu kedutaan gede bener. Lewat kedutaan Arab dan si fuad pamer kemampuan bahasa arabnya :D
Abis itu dianter lagi. Pokoknya kita ketemu orang baik banyaaaaakkk banget. Karena kita nyasar berkali-kali dan akhirnya kami sammpe KBRI jam 4 kurang 15 menit. Mepet banget ><

Harapan kami besar banget sebelum dateng kesitu. Kita di negara bahasa alien, gimana rasanya bakal ngomong sama orang Indo lagi diluar kelompok kita. Tapi begitu masuk
“Ah, ekspektasi ku terlalu tinggi rupanya,” Cuma membatin kayak gitu.
Mbak dan mas nya jutek. Sok penting banget. Trus kita juga disuruh fotocopy sendiri
“Mas keluar dari ruang ini belok kiri aja, abis itu cari ruangan yang ada mesin fotocopy-annya,”
What the? Masa iya kami disuruh cari sendiri? -.-
Untungnya kami dikasih tau sama mbak-mbak yang duduk disebelah kami. Udah gitu ternyata rusak pula fotocopy annya zzzzz
“Hh, yaudah, sini saya fotocopy aja,” mas-masnya menghela nafas panjang. Seolah-olah nanganin orang-orang retarded gitu. Plis deh mas, itu kan perlengkapan kantor mas, masa iya ngambek didepan kita?
Trus, kalo ada fotocopy an di kantor mas dari kapan tau, kenapa kita disuruh fotocopy sendiri? nggak efisien ih
Abis itu udah deh males banget kami sama mereka. Kita mau numpang sholat aja Cuma dikasih sajadah dan disuruh sholat di tempat fotocopy an. Ya Amplop. Ya wes kita nggak jadi aja. Males duluan.
Mana air mineralnya kosong lagi, buset dah kami jalan hampir 4 jam dingin-dinginan dan nggak ada minum. TT sedih bener. Sama orang setanah air perlakuannya begini.
Ada juga yang nanya tempat, tapi abis itu dijawabnya “liat aja di google map,”
Yee, kalo di google map mah nggak usah dibilangin kali ya. Harapan dari penanya itu kan biar dapet penjelasan lengkap harus kemana-mananya.
Kami ngisi kritik dan saran. Ah, aku jadi menggeneralisasikan kalo birokrat di Indonesia nggak akan membaca dengan serius itu kritik dan saran. Nggak yakin dibaca juga sih. Biarin deh, yang penting kita punya niat memperbaiki. Terserah yang diposisi atas-atas itu aja mau memperbaiki apa nggak. Kalo kalian nggak sanggup, generasi kami yang bakal ganti! (tiba-tiba emosi lagi, abis kena kuliah Etika Administrasi Negara, jadi ngerti :P ).

Btw, laporan dateng itu ternyata Cuma segede 2jempol T.T tapi sayangnya penting sekali untuk menjamin kehidupan kami disana.
Jangan langsung percaya ya sama tulisanku haha, biar temen-temen tertarik untuk datang ke beijing dan mencoba sendiri KBRI nya.
Oke oke, calm down.

Abis dari sana, si Uchi bilang ‘bye-bye’ ke polisi ijo. Dengan canggungnya dia ngangguk.
Kami lanjut ke Peking University. Liat lokasi sidang besok hehe. Disana kami keliling-keliling dan nemu lokasi pembukaan sidangnya. Baru setelah itu kami balik. Mampir dulu beli coat soalnya nggak kuat hawa dinginnya TT . untungnya aku sama uci dapet coat murah harga 99 yuan haha.
(nanti beberapa kebijakan unik disana aku kasih di akhir cerita aja ya hehe, kami dapet banyak cerita dari alumni kami yang kerja di Perminyakan Beijing yang makin bikin takjub)

Pulang-pulang, kami beli nasi lagi di bar hostel dan makan dengan kering-keringan haha. Aduh, lidah kami belum terbiasa dengan makanan hambar orang sana.
Ini kejadian yang bikin shock. Malem-malem, saat kami tertidur lelap. Tiba-tiba... ada gedoran di pintu hostel kami. Si fuad pergi membukakan pintu. Tiba-tiba dia membereskan satu ranjang yang tidak kelompok kami tiduri (kami ada 5 orang sementara ada 6 kasur dikamar itu). Dan satu cowok masuk. Karena aku terlalu ngantuk, aku tidur aja. Nggak ngeh apa-apa.

Paginya, hari pertama sidang. Kami bersiap-siap dari pagi. Jelas aja kami gaduh. Kasian juga liat mas-mas bule itu bobo sekamar bareng kita. Pagi-pagi udah gaduh ada bau menyengat juga dari pop mie bikinan kami haha.

Kami, udah rapi pake suit dan pantofel, jalan ke stasiun Yonghegong Temple.

Menuju Peking University .

Label: ,



← OLDER POSTS | HOME | NEWER POSTS →

Greeting
Thank you for dropping by.These pictures are not taken by me. If they are, my name will be posted on them. I don't give credits to anyone because nobody knows who the real owner of each picture. If the owner wants credits, they should put their URL on their picture.All Rights Reserved April 2011 © Pipie Ladybug

Instagram

Tagboard